Post

E-Business dan E-Commerce



E-Business dan E-Commerce

E-business adalah tentang penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall)

Contohnya..
Harian Kompas memiliki e-business Kompas Online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia),  up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam.


Kalau kamu pernah dengar E-Commerce, pasti bakalan bingung. Apa sih E-Commerce?
E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya.  (http://en.wikipedia.org/wiki/E-commerce)

Jadi, E-Commerce adalah bagian dari e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama beruapa pembelian dan penjualan.

Tipe-Tipe E-Business
1.       E-Commerce
  1. E-Banking
  2. E-Government
  3. E-Marketing
  4. E-Trading

Tipe-Tipe E-Commerce
1.     B2C : Hubungan bisnis antara pengusaha dengan customer-nya.
2.     B2B : Hubungan bisnis antara pengusaha dengan pengusaha lainnya.
3.     C2C : Hubungan bisnis antara customer dengan customer lain.

Perbedaan e-business dan e-commerce
E-business = Berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.

E-commerce = Tujuan benar-benar berorientasi pada perolehan uang (money-oriented).

Daftar Pustaka



1 komentar:

O'clock