Post

SISTEM INFORMASI PARIWISATA



Sistem Informasi Pariwisata

Sistem Informasi Pariwisata adalah sistem yang menyajikan informasi - informasi mengenai suatu objek wisata, kawasan wisata ataupun wahana - wahana di suatu objek/kawasan wisata. Sistem ini juga menyajikan tentang beberapa informasi yang menunjang kegiatan kepariwisataan seperti akomodasi, transportasi, tiket, hotel dan lain - lain. Informasi - informasi tersebut disajikan dalam satu sistem sehingga dapat mempermudah, mendukung para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Selama ini masih sedikit yang membangun sistem ini maka perlu adanya kerjasama antara instansi, perusahaan - perusahaan yang bergerak di bidang ini untuk mempromosikannya. Kebanyakan sistem hanya menyajikan informasi tapi tak cukup menunjang semua kegiatan. Pengadaan sistem ini dapat lakukan dengan adanya kerjasama bersama dengan peneliti yang tersebar di seluruh perguruan tinggi. Pembangunan sistem ini bisa meningkatkan pendapatan devisa pada umumnya dan pendapatan di sekitar objek wisata atau yang berhubungan dengan sistem tersebut pada khususnya.

Beberapa sistem yang saya ketahui dibangun berbasis aplikasi maupun website. Keduanya memerlukan sekuritas yang memadai. untuk menghindari adanya kekacauan atau penyalahgunaan informasi yang akan berakibat merugikan para wisatawan.

Pariwisata merupakan suatu aset yang sangat berharga bagi suatu daerah, sehingga dapat dijadikan ajang promosi untuk menarik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Akan tetapi para wisatawan sering mengalami kesulitan dan kebingungan untuk dapat menuju lokasi obyek pariwisata. Akibatnya banyak wisatawan yang nyasar untuk menuju lokasi obyek pariwisata. Wisatawan tidak mengetahui lokasi obyek pariwisata dan tidak mengetahui transportasi apa yang dapat mereka gunakan untuk menuju lokasi obyek pariwisata. Untuk mempermudah para wisatawan memperoleh informasi tersebut, maka dibangun sistem informasi wisata berbasis web. Sistem Informasi ini diharapkan dapat membantu para wisatawan untuk menuju ke lokasi obyek pariwisata dengan memberikan informasi transportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke lokasi wisata, jalur transportasi, tarif transportasi jarak dan perkiraan waktu tempuh.

Pariwisata memiliki dua aspek, aspek kelembagaan dan aspek subtansial,
yaitu sebuah aktifitas manusia (Oka A, 2005). Dilihat dari sisi kelembagaannya,
pariwisata merupakan lembaga yang dibentuk sebagai upaya manusia untuk
memenuhi kebutuhan rekreatif. Sebagai sebuah lembaga, pariwisata dapat dilihat
dari sisi menejemennya, yaitu bagaimana perkembangannya, mulai dari
direncanakan, dikelola, sampai di pasarkan pada pembeli, yakni wisatawan.
Sebagai sebuah subtansi, pariwisata merupakan bagian dari budaya suatu
masyarakat, yaitu berkaitan dengan cara penggunaan waktu senggang yang
dimilikinya.

Seiring dengan padatnya aktivitas manusia karena rutinitas kerja maka kebutuhan untuk mencari tempat refresing semakin dibutuhkan. Tempat refresing atau berlibur bukanlah swalayan, hotel, atau keramaian kota. Tujuan yang dicari adalah tempat yang natural, alami, alam, yang bisa membuang kejenuhan karena (terutama pebisnis) hampir 24 jam waktunya digunakan untuk duduk dikantor dengan segudang pekerjaan atau berkas kertas-kertas. Tak heran waktu libur akan sangat bermanfaat dan kadang ekstremnya tidak boleh diganggu karena ingin bersama keluarga membangun kemesraan sambil membuang penat.
 Untuk mencukupi kebutuhan mereka  diperlukan informasi tentang tujuan wisata, obyek wisata yang menarik, sarana yang tersedia seperti transportasi untuk mencapai daerah tujuan wisata, produk wisata yang diminati dan lain sebagainya. Untuk memperoleh informasi tersebut wisatawan sering mengalami kesulitan karena tidak mengetahui dimana dan pada siapa harus meminta informasi. Singkatnya kebutuhan informasi di bidang pariwisata meningkat dan perlu disiapkan dengan rapi dan terstruktur agar dapat diakses dengan mudah. 
 
Contoh Sistem Informasi Pariwisata :
1. Sistem informasi pariwisata dengan menggunakan mobile 
2. Sistem informasi pariwisata berbasis web
 
 
Daftar Pustaka

O'clock