Sistem Informasi Manajemen
SIM
(1) Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
(2) bentuk aktivitas dari
management antara lain adalah:
1. Perencanaan Strategis
Merupakan kegiatan
manajemen tingkatt atas (top manager).
Menurut Frederick H. Wu
(Tata Sutabri, Sistem Informasi Manajemen)
“Perencanaan Strategis”
adalah proses evaluasi lingkungan organisasi,penetapan tujuan organisasi dan
penentuan strategi-strategi.
Proses evaluasi lingkungan
luar organisasi
Lingkungan luar organisasi
selalu berubah, pengaruh lingkungan luar dapat berupa kesempatan pasar,
teknologi, tekanan politik, social,persaingan, inflasi dan lain sebagainya.
Lingkungan luar dapat
mempengaruhi jalannya organisasi dan perubahan ini mungkin dapat mengakibatkan
perubahan strategi yang sudah ditetapkan.
b.
Penentuan tujuan
Tujuan adalah apa yang
ingin dicapai oleh organisasi. Tujuan ditetapkan oleh manajemen tingkat atas
dalam proses perencanaan strategis yang bersifat jangka panjang.
c.
Penentuan strategis
Manajemen tingkat atas
menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan organisasi dengan strategi
mengerahkan semua kemampuan yang berupa sumberdaya organisasi seperti
material,modal, personil dan sumberdaya serta kesempatan lingkungan luar
organisasi dengan maksud mencapai tujuan organisasi.
2.
Pengendalian Manajemen
Adalah proses meyakinkan
bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah ditetapkan dengan
efektif dan efisien.
Pengendalian manajemen merupakan
tindakan taktik (tactical level), yaitu bagaimana manajemen tingkat menengah
menjalankan taktik supaya perencanaan strategis dapat dilakukan dengan berhasil
(biasanya bersifat jangka pendek kurang lebih satu tahun).
3.
Pengendalian Operasi
Adalah proses meyakinkan
bahwa setiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien.
(3) Perusahaan adalah sutu
organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja
dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada
pelanggan. Hampir di semua perusahaan mempunyai tujuan yang sama, yaitu
memaksimalkan laba. Jenis perusahaan dibedakan menjadi tiga, yaotu: perusahaan
manufaktur, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. Sedangkan bentuk dari
perusahaan itu sendiri dibedakan menjadi: perusahaan perseorangan dan
persekutuan (perseroan).
(4) yang perlu di
manajemen antara lain
-Perkembangan
zaman
-Rencana keuangan
-Dewan penasehat
-Keseimbangan
-perluas jaringan
Semua itu perlu dilakukan
(5) manajer, yaitu
seseorang yang dapat memimpin dan mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan
apa yang dia perintahkan agar tercapainya tujuan perusahaan.
(6) Seorang manajer itu
berperan untuk melakukan perencanaan (
planning ), pengorganisasian ( organazing ), pengarahan ( actuating ) dan
pengawasan ( directing ). Hal ini sering disingkat dengan POAC, dengan tugas
manajemen ini dapat diharapkan manajer dapat melaksanakan kepemimpinan
perusahaan dengan baik sehingga tujuan profit dapat dicapai dengan efisien dan
efektif.
(7) 1.
Manajer lini atau manajer pertama
Yaitu tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional, disebut manajemen lini atau manajemen garis pertama (First Line atau first level). Para manajer ini sering disebut dengan kepala atau pimpinan (leader), mandor (foremen), dan penyelia (supervisors). Sebagai contoh adalah mandor dalam pabrik, kepala seksi yang langsung membawahi tenaga pengetik dan pembukuan dalam kantor yang besar, dan penyelia teknik dalam suatu departemen riset.
2. Manajer menengah
Manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi.para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. Sebutan lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. Sebutan lainnya bagi manajer menengah adalah manajer departemen, kepala pengawas (superintendents), dan sebagainya. Sebagai contoh, kepala bagian yang membawahi beberapa kepala seksi, atau kepala sub divisi perusahaan membawahi beberapa kepala bagian.
3. Manajer Puncak
Klasifikasi manajer tertinggi ini terdiri dari kelompok kecil eksekutif. Manajemen bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Sebutan khas bagi manajer puncak adalah direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden senior dan sebagainya.
Yaitu tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional, disebut manajemen lini atau manajemen garis pertama (First Line atau first level). Para manajer ini sering disebut dengan kepala atau pimpinan (leader), mandor (foremen), dan penyelia (supervisors). Sebagai contoh adalah mandor dalam pabrik, kepala seksi yang langsung membawahi tenaga pengetik dan pembukuan dalam kantor yang besar, dan penyelia teknik dalam suatu departemen riset.
2. Manajer menengah
Manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi.para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. Sebutan lainnya dan kadang-kadang juga karyawan operasional. Sebutan lainnya bagi manajer menengah adalah manajer departemen, kepala pengawas (superintendents), dan sebagainya. Sebagai contoh, kepala bagian yang membawahi beberapa kepala seksi, atau kepala sub divisi perusahaan membawahi beberapa kepala bagian.
3. Manajer Puncak
Klasifikasi manajer tertinggi ini terdiri dari kelompok kecil eksekutif. Manajemen bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Sebutan khas bagi manajer puncak adalah direktur, presiden, kepala divisi, wakil presiden senior dan sebagainya.
(8) seorang manager butuh
informasi karena informasi itu bisa digunakan merencanakan dan mengendalikan
operasi, untuk pengambilan keputusan. Selain itu bisa juga untuk mengetahui
perkembangan yang terjadi di luar.
(9) jenis-jenis perusahaan
menurut karakteristik ada beberapa macam, antara lain adalah :
a. Perusahaan jasa
Adalah perusahaan yang
menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan. Berikut contoh
nama perusahaan jasa dan jenis jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan.
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan.
b. Perusahaan Dagang
Merupakan perusahaan yang
kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier)
kemudian menjual kembali kepada pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan
dagang dan jenis produk yang ditawarkan kepada pelanggan.
Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan
Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan
c. Perusahaan manufaktur
Merupakan perusahaan yang
kegiatan usahanya adalah membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya
menjadi barang yang dijual kepada pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan
manufaktur dan jenis produk yang ditawarkannya.
d. Perusahaan Industri
adalah perusahaan yang
mengubah dan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi. misalnya, kapas diolah
perusahaan industri menjadi pakaian. Karet diolah menjadi ban. disamping bahan
baku tadi masih diperlukan bahan-bahan pembantu lainnya sebagai campuran
sehingga bahan baku tersebut dapat diolah menjadi barang yang dimaksudkan.
e. Perusahaan agragris
Adalah perusahaan yang aktivitas produksinya
menggunakan daya dukung tanah sebagai faktor utama. Perusahaan ini hanya
mengolah alam untuk menghasilkan barang baru.
f. Perusahaan ekstraktif ialah usaha produksi yang menggali dan mengumpulkan barang-barang yang telah disediakan alam sehingga dapat menyediakan barang yang diperlukan sebagai bahan baku untuk diolah lebih lanjut, misalnya pertambangan, penebangan kayu, pengambilan kekayaan laut.
f. Perusahaan ekstraktif ialah usaha produksi yang menggali dan mengumpulkan barang-barang yang telah disediakan alam sehingga dapat menyediakan barang yang diperlukan sebagai bahan baku untuk diolah lebih lanjut, misalnya pertambangan, penebangan kayu, pengambilan kekayaan laut.
(10) Jenis perusahaan berdasarkan kepemilikan:
1. Perusahaan milik Negara
2. Perusahaan swasta
Pada dasarnya kebutuhan
informasi perusahaan hamper sama hanya saja pada perusahaan negara akan lebih
di dukung oleh Negara.
PENGERTIAN SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
Sistem Informasi Manajemen
adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan
secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi
informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan
gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Parapemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya.
Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Perancangan, penerapan dan pengoperasian SIM adalah mahal dan sulit. Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan muncunya peraturan dari pemerintah.
Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Parapemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya.
Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
Perancangan, penerapan dan pengoperasian SIM adalah mahal dan sulit. Upaya ini dan biaya yang diperlukan harus ditimbang-timbang. Ada beberapa faktor yang membuat SIM menjadi semakin diperlukan, antara lain bahwa manajer harus berhadapan dengan lingkungan bisnis yang semakin rumit. Salah satu alasan dari kerumitan ini adalah semakin meningkatnya dengan muncunya peraturan dari pemerintah.
Contoh : pencatatan penjualan, sistem inventori, sistem akuntansi
Daftar Pustaka
tambah informasi nihh
BalasHapus